Generate Aplikasi di Symfony 1.4

     Selamat pagi pemirsa, melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai framework php symfony, kali ini saya lanjutkan bagaimana membuat aplikasi di symfony 1.4.

Koneksi Database

      sebagi contoh, di sini saya membuat database aplikasi inventory barang. Dengan struktur tabel seperti pada gambar di bawah.

untuk membuat koneksi ke database, buka file databases.yml yang berada pada folder config.

all:
propel:
class: sfPropelDatabase
param:
classname: PropelPDO
dsn: mysql:dbname=inventory;host=localhost
username: root
password:
encoding: utf8
persistent: true
pooling: true

silahkan isi sesuai koneksi ke database agan.
 sekarang waktunya kita bermain dengan command promt atau CMD. Cekidot.

Membuat Aplikasi

      Buka CMD dan masuk ke direktori project symfony dan ketikkan perintah berikut.

symfony generate:app nama_aplikasi

di atas adalah syntax untuk membuat aplikasi.Di sini saya membuat dua aplikasi yaitu frontend dan backend. Frontend untuk aplikasi yang akan di akses oleh user umum dan backend adalah aplikasi yang akan di akses oleh user di sisi admin.

dan hasilnya folder app saya terdapat dua folder aplikasi yaitu backend dan frontend sesuai perintah yang saya buat.

Menulis Schema

      Schema adalah file yang mendefinisikan struktur tabel di database. Schema berguna untuk membuat form, membuat model, bermigrasi ke DBMS yang lain dll. file Schema terdapat di folder config/schema.yml.
       Untuk menulis schema berdasarkan database yang telah dibuat, ketikkan perintah berikut di CMD.

symfony propel:build-schema

karenasaya memakai ORM Propel, maka syntax di atas dan syntax syntax yang lain nanti akan memakai propel sebagai ORM nya. Setelah perintah di atas di jalankan, buka file config/schema.yml dan lihat apa yang terjadi. File otomatis telah terisi sesuai dengan struktur tabel yang agan buat di database.

Membuat Model

       Model adalah class class yang akan dibuat untuk berinteraksi dengan tabel di database seperti melakukan perintah insert, read, update, delete. Folder model terdapat pada folder lib/model. Untuk membuat model tidak perlu membuat manual satu per satu, tetapi cukup dengan menuliskan syntax berikut pada CMD dan jalankan.

symfony propel:build-model

setelah di jalankan, coba lihat di folder lib/model.Maka otomatis kita mempunyai file model dan file Peer untuk kita sesuai dengan tabel yang ada di database. Dengan file model inilah kita akan berinteraksi dengan tabel tabel di database.

Membuat form

      Udah tahu form kan ? form adalah media kita melakukan input data. Form seperti textfield, textarea,radiobutton dll. Di symfony, kita tidak perlu susah susah membuatnya manual. Bayangkan jika tabelnya ada ratusan, butuh berapa hari untuk membuatnya. Untuk membuat form, cukup jalankan perintah berikut di CMD.

symfony propel:build-form

dan lihat di folder lib/form. Kita sudah mempunyai form sesuai dengan tabel yang ada di database.

Membuat Filter

      Sekarang filter. Apa itu filter ? Filter adalah semacam form pencarian data yang biasanya ada berdampingan dengan tabel. Filter berfungsi untuk form pencarian maupun filter data. Kebayangkan ssahnya nyari data satu per satu di tabel kalo gak ada filter ?. Untuk membuatnya gak perlu susah susah ngoding satu persatu. Cukup jalankan perintah berikut di CMD.
 
symfony propel:build-filter

maka kita sudah mempunyai file filter yang berada di folder lib/filter

Sementara cukup sekian dulu tulisan ini. Kita sambung di lain kesempatan untuk artikel selanjutnya tentang framework symfony 1.4. See You.

Posting Komentar

0 Komentar