10 Tips Aman Menggunakan Internet di Tempat Umum

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Banyak pengguna internet yang belum mengetahui dan bahkan tidak menyadari bahwa banyak kejahatan yang datang dari dunia maya. Orang-orang awamlah yang biasanya akan menjadi sasaran para penjahat dunia maya mulai dari peretasan hingga melakukan penipuan. Untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat menyerang kapan saja, sebaiknya para pengguna internet baik itu di komputer, laptop maupun smartphone mengetahui bagaimana menggunakan internet yang aman itu.

Berikut akan kami berikan 10 tips agar kegiatan internet kamu bisa menjadi lebih aman dan juga dapat menghindari dari serangan para hacker atau penjahat internet.

1. Pastikan komputer kamu menggunakan kunci keamanan dengan password yang kuat. Selain itu, kunci juga akun-akun yang ada di dalam komputer dengan password yang kuat. Begitu juga pada smartphone, gunakan PIN atau POLA keamanan. Dianjurkan untuk setiap akun memiliki password yang berbeda-beda, hal ini untuk mengamankan setiap akun yang kamu miliki. Misalkan ada satu akun kamu yang diretas, sedangkan akun yang lainnya memiliki password yang sama dengan akun yang diretas itu, maka kemungkinan semua akun kamu akan diretas dan ucapkan selamat tinggal di dunia online. Jika kamu mempunyai banyak akun, maka kamu bisa menulisnya atau menyimpannya di Notepad dan kemudian disimpan di tempat yang kamu rasa paling aman atau kalau nggak di Hidden saja.

10 Tips Aman Menggunakan Internet di Tempat Umum

2. Ketika kamu hendak memasukkan username, password, PIN dan lainnya pastikan tidak ada orang yang melihat sekalipun itu teman dekat kamu. Kan zaman sekarang banyak tuh teman makan teman, ya kan siapa tau hehe, tapi semoga saja tidak.

3. Tetap berhati-hati terhadap setiap email yang masuk, lakukan pengecekan dengan teliti terhadap email yang dianggap mencurigakan. Jangan terlalu cepat percaya terhadap berbagai tawaran yang tampak berlebihan dan waspadai pengirimnya. Hacker zaman sekarang sangat cerdik, dia akan mengirimkan sebuah email yang tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dapat dipercaya.

4. Jangan lakukan transaksi bank, belanja, pembayaran tagihan, atau kegiatan penting lainnya melalui komputer milik umum, misalnya pada fasilitas internet gratis di bandara, di warnet, atau dari smartphone, tablet, dan laptop yang terhubung dengan koneksi Wi-Fi yang terbuka untuk umum.

5. Hapus SPAM yang ada di email kamu. Jangan berikan alamat email kepada orang yang tak terlalu kamu kenal atau lembaga yang tidak begitu jelas. Hindari mempublikasikan alamat email di jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

6. Pastikan website yang kamu kunjungi sudah terverifikasi keamanannya dan tentunya terpercaya. Alamat website yang aman biasanya menggunakan "https://" atau akan muncul icon gembok terkunci yang berwarna hijau dipojok kiri atas sebuah browser.

7. Download aplikasi keamanan yang memungkinkan kamu menghapus semua data pribadi dari jauh. Hal ini akan sangat berfungsi ketika smartphone atau tablet kamu hilang atau dicuri.

8. Lakukan pembaruan terhadap software keamanan yang ada dikomputer. Untuk software keamanan kini telah tersedia untuk semua jenis perangkat, baik itu komputer, smartphone, tablet ataupun laptop. Software kemanan ini berfungsi untuk melindungi perangkat yang kamu miliki setiap saat. Salah satu contoh software kemanan adalah berbagai macam antivirus, misalnya Avira dan Kaspersky.

9. Hindari menampilkan data pribadi secara rinci seperti alamat rumah, bahkan nomor telepon. Ketika kamu mengisikan data diri dengan sangat lengkap, maka bisa saja seseorang yang tidak bertanggung jawab menggunakan informasi tersebut untuk membuat akun palsu bahkan melakukan penipuan terhadap orang lain dengan mengatasnamakan diri kamu.

10. Gunakan pengaturan privasi atau privacy setting di akun jejaring sosial kamu. Pastikan yang bisa mengakses foto dan status kamu hanyalah orang-orang terdekat atau yang sudah dipercaya. Dan jangan langsung menerima (accept) permintaan pertemanan (friend request) dari orang yang kamu tidak yakin mengenalnya.

Sekian 10 tips aman menggunakan internet di tempat umum. Apakah masih ada yang ketinggalan? Silahkan share pengalaman teman-teman semua pada kotak komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ