Pengertian dan Fungsi Modem

Modem merupakan singkatan dari Modulator dan Demodulator. Fungsi dari modulator adalah untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar nantinya dapat dikirim kepada pengguna melalui media tertentu, proses ini dimanamakan proses modulasi. Pada proses inilah dimana nantinya data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan fungsi dari demodulator merupakan sebuah proses untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini nantinya data akan dipisahkan dari frekuensi yang tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital agar bisa dibaca nantinya oleh komputer. Adapun fungsi dari modem itu sendiri adalah untuk melakukan komunikasi secara dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan data atau pesan ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan antara komputer kita ke jaringan internet.

Pengertian dan Fungsi Modem

Ada banyak sekali jenis-jenis modem pada saat ini. Untuk jenis-jenis modem ini dapat dibedakan berdasarkan jaringannya dan pemasangannya. Berdasarkan pemasangannya, modem bisa dibedakan menjadi modem internal dan modem eksternal. Sedangkan berdasarkan jaringannya, modem dibedakan menjadi modem dengan media kabel dan modem dengan media tanpa kabel. Berikut penjelasan singkatnya :
  • Modem Internal adalah sebuah kartu yang dipasang pada sebuah slot yang ada di motherboard. Keuntungan menggunakan modem jenis ini adalah cara pemasangannya yang lebih mudah dan juga harganya yang relatif lebih murah.
  • Modem Eksternal merupakan modem yang dipasang diluar komputer yang bisa ditancapkan pada slot USB.
  • Modem dengan media kabel adalah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya, contohnya jaringan telepon dan TV kabel.
  • Modem tanpa kabel adalah modem yang menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya, contoh modem CDMA, modem GSM dan lainnya.

Sekian artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi modem. Jika ada tambahan dari teman-teman silahkan share ya melalui kotak komentar di bawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ