Mengenal 4 Bahaya Dan Efek Samping Vapor Bagi Kesehatan

Pada kesempatan kali ini Vapor Terbaik ingin membahas tentang bahaya vapor atau rokok elektrik bagi kesehatan yang sedang marak-maraknya dipertanyakan oleh para perokok ataupun orang yang bukan perokok. Vapor sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengubah liquid atau E-juice menjadi uap. Alat ini pertama kali diciptakan oleh Hon Lik, warga Tiongkok tahun 2003, selanjutnya dipatenkan tahun 2004 dan mulai menyebar ke seluruh dunia pada tahun 2006-2007 dengan berbagai merek.

Vapor diciptakan dengan tujuan untuk menggantikan rokok konvensional (tembakau) yang tentunya tujuan ini berdasarkan beberapa alasan. Alasan yang utama tentu anda sudah tahu yaitu bahwa rokok konvensioanal itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Didalam rokok konvensioanl terdapat lebih dari 4000 zat dan 2000 diantaranya zat tersebut merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan. 
Mengenal 4 Bahaya Dan Efek Samping Vapor Bagi Kesehatan

Tar, karbon monoksida dan nikotin adalah zat yang paling berbahaya dan memiliki pengaruh/ dampak negatif bagi kesehatan. TAR memiliki kandungan sekitar 43 bahan yang menjadi pemicu terjadinya kanker atau yang disebut karsinogen. Nikotin memiliki zat yang membuat ketagihan atau kecanduan, nikotin inilah yang membuat seseorang sulit sekali berhenti merokok.

Baca juga: Manfaat Rokok Elektrik (Vapor) Bagi Kesehatan
Walaupun tujuan diciptakannya vapor ini sangat baik yaitu agar para perokok beralih ke vapor untuk menghindari bahaya rokok konvensional, tetapi masih sedikit penelitian yang menyatakan bahwa vapor ini aman digunakan. Berikut ini adalah bahaya dan efek samping vapor atau rokok elektrik bagi kesehatan:

1. Menjadi Ketergantungan
Kandungan E-juice/ liquid berbeda-beda, namun pada umumnya berupa Propylene Glycol (PG), Vegetable Glicerin (VG), Essence Flavour dan nikotin. E-juice ini dipasaran terdapat berbagai macam pilihan rasa dan ada yang mengandung nikotin ataupun tidak. Namun seringkali kadar nikotin yang tertera di label tidak sesuai dan berbeda signifikan dari kadar yang diukur sebenarnya. Nikotin sendiri adalah zat yang sangat adiktif yang dapat merangsang sistem saraf, meningkatkan denyut jantung dan yang paling terkenal bahwa nikotin ini mempunyai efek candu yang sangat kuat.

Pada dasarnya semua zat yang masuk ke dalam tubuh punya ambang batas tertentu, termasuk nikotin sebagai sebuah zat adiktif. Namun meskipun digunakan di bawah ambang batas, jika penggunaan tersebut dilakukan secara berkepanjangan, tentu akan memberikan akibat yang buruk bagi tubuh. Nikotin sendiri memiliki efek sistemik pada tubuh, khususnya pada bagian saraf otak. Hal ini terbukti dari efek rasa tenang yang dirasakan oleh pengguna nikotin

2. Rasa Gatal Ditenggorokan
Kandungan nikotin yang terlalu tinggi di dalam liquid dapat menyebabkan tenggorokan orang yang sensitif berasa tidak nyaman dan gatal (Throat hit).

3. Meledak
Vapor ini terdapat 2 jenis, yaitu jenis mechanical dan electrical yang keduanya ini mempunyai perbedaan pada chip. Untuk yang jenis mechanical ini tidak terdapat chip yang berfungsi untuk sistem keamanan, jadi apabila penggunaan vapor mechanical tidak hati-hati dan baterai yang digunakan tidak sesuai standar untuk vapor, dapat berakibat meledak.

Baca juga: Perbedaan Mechanical dan Electrical Pada Vapor
4. Penyalahgunaan
Belum adanya undang-undang yang mengatur vapor di indonesia menyebabkan terjadinya penjualan secara bebas dan beredarnya liquid-liquid home industri secara bebas tanpa adanya aturan. Kita tidak tahu yang sebenarnya di dalam liquid tersebut mengandung zat berbahaya atau tidak. Apakah poses pembuatannya dilakukan secara benar apa Cuma asal-asalan. Apabila Vapor ini digunakan oleh orang yang tidak benar dapat digunakan untuk yang tidak-tidak.

Baca juga: Tips Memilih dan Membeli Vapor Yang Tepat
Saya sendiri adalah pengguna vapor dan artikel ini saya buat bukan untuk menyudutkan salah satu pihak. Saya bermaksud dengan adanya ulasan bahaya tersebut, pemerintah segera membuat aturan tentang peredaran vaporizer di indonesia. Agar bahaya-bahaya tersebut dapat di minimalisir atau bahkan dapat dihindari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ