Penyebab Performa Laptop Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Industri kreatif merupakan salah satu bidang yang sangat menjanjikan di zaman berteknologi canggih ini, dan kita tentunya juga dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Salah satu perangkat yang cocok dan mendukung kerja dan aktivitas kamu adalah laptop. Dengan menggunakan laptop maka pekerjaan kamu akan terbantu dimanapun itu dan kapanpun itu.

Masalah yang sering terjadi pada laptop adalah dari segi performa. Banyak keluhan yang menyebutkan bahwa performa laptop menurun setelah beberapa bulan dipakai. Lantas apa yang harus kamu lakukan jika laptop kesayangan kamu mulai terasa lambat saat digunakan? Atau bahkan sering mati mendadak.

Penyebab Performa Laptop Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Masalah penurunan performa laptop bisa menjadi masalah yang memusingkan bagi pengguna awam. Maka kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai penyebab performa laptop yang lemot dan juga bagaimana cara mengatasinya.

1. Hard Drive Melemah
Kamu wajib untuk mengetahui jenis hard drive yang digunakan pada laptop kamu. Jika laptop kamu masih menggunakan jenis hard drive konvensional yaitu HDD (Hard Disk Drive), maka sangat disarankan untuk mengupgrade atau menggantinya menjadi hard drive jenis SSD (Solid State Drive) yang memiliki kemampuan lebih cepat dan juga awet dibandingkan dengan HDD.

HDD masih memiliki beberapa kelemahan yang dapat mempengaruhi performa laptop seperti proses membaca dan menyimpan data yang dapat memakan waktu dan daya yang lebih besar. Dapat pembaca ketahui bahwa HDD sangat rentan terhadap goncangan atau benturan.

2. Data dan Program yang Menumpuk
Pembaca sekalian harus mengetahui bahwa semakin banyak data dan software yang tersimpan di dalam hard drive, maka akan membebani kinerja hard drive dalam membaca dan mencari data yang kamu butuhkan. Tentunya hal seperti ini dapat membuat performa laptop menjadi semakin lambat setiap kali digunakan.

Tentu saja solusinya adalah dengan mengganti jenis hard drive. Namun masih ada solusi yang lebih sederhananya yaitu dengan rutin merapikan dan menghapus data atau file. Kemudian rutin juga untuk menghapus program yang sudah tidak digunakan lagi di laptop.

3. Terlalu Banyak Multitasking
Aktivitas multitasking merupakan salah satu yang dapat menyebabkan performa laptop menjadi lambat, seperti membuka browser dengan puluhan tab atau membuka beberapa program berat dalam waktu yang bersamaan.

Hal yang harus kamu lakukan adalah membuka Task Manager dan lihat tab Processes. Nah, dari situ kamu bisa melihat daftar program yang sedang berjalan dan memakan banyak RAM. Solusi permasalahan seperti ini adalah bukalah program yang dibutuhkan saja, jika kamu harus membuka banyak program, maka bukalah secara bergantian.

4. Kapasitas RAM Menipis
Faktor lain yang dapat menurunkan performa laptop adalah kondisi dan kapasitas RAM. Fungsi dari RAM adalah sebagai media penyimpanan data sementara.

Besarnya jumlah data yang berjalan saat melakukan aktivitas multitasking, efek panas laptop yang dihasilkan saat digunakan, hingga banyaknya program yang terinstal, makin lama akan membuat beban kerja RAM bertambah.

Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menambah atau mengupgrade kapasitas RAM. Pastikan kamu memilih RAM dengan kualitas yang bagus atau sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau ingin performa yang stabil minimal menggunakan 4GB. Sebelum menambah kapasitas RAM, ada baiknya kamu membaca dibuku panduan laptop kamu mengenai berapa ukuran RAM maksimal pada laptop tersebut.
Baca : Pengertian dan Fungsi RAM

5. Update Otomatis
Sistem operasi memang menawarkan banyak fitur baru yang canggih, meningkatkan keamanan dan performa laptop itu sendiri. Jadi melakukan update itu memang sangat disarankan agar sistem operasi yang digunakan lebih maksimal dan kekinian. Namun, fitur Windows Update yang berjalan dapat menyebabkan performa laptop menjadi menurun dan juga baterai laptop cepat habis.

Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur jam aktif kapan windows update berjalan sehingga tidak mengganggu kamu saat jam kerja. Caranya, buka Settings >> Windows Update.

Itulah beberapa penyebab performa laptop kamu menurun dan juga cara mengatasinya. Ada tambahan juga yaitu dari perawatan yang turut mempengaruhi performa sebuah laptop. Jika ada tambahan mengenai artikel ini silahkan berkomentar di bawah ini, komentar kalian kami tunggu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ