Apa Pengertian Progress dan Regress ?

Pengertian progres adalah gerakan menuju arah tujuan/ke tahap lebih lanjut /ke tahap yang lebih tinggi atau proses kemajuan.

Sedangkan pengertian regres adalah kembali ke keadaan, kondisi atau cara sebelumnya dan kurang maju atau malah lebih buruk dan mundur dari kondisi sebelumnya.

Pengertian perubahan progres adalah perubahan sosial yang menuju kepada arah kemajuan yang akan memberikan keuntungan bagi kehidupan masyarakat umum. Contoh perubahan sosial progres yaitu berkembangnya teknologi, masuknya listrik ke pelosok desa, meningkatnya pendidikan dsb. Sedangkan pengertian perubahan regres adalah perubahan sosial yang menuju kepada arah kemunduran yang pada akhirnya akan merugikan kehidupan masyarakat.

Contoh regres pada perubahan sosial
regres yaitu meningkatnya jumlah pengguna narkoba, menjamurnya terorisme dsb.

Secara umum, kita tahu jika istilah progres berarti sebuah kemajuan, sedangkan istilah regres mengacu pada suatu kemunduran. Namun, apakah hanya itu definisi dari progress maupun regres? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia istilah progress (/prog-res/) diartikan sama sebagai ‘sebuah kemajuan’. Namun bila ditelisik lebih dalam, secara etimologi istilah progres merupakan kata serapan dari bahasa Inggris‘progress’. Istilah ‘progress’ yang diperkirakan muncul sekitar akhir abad ke-14 dan diambil dari bahasa Latin ‘progressus’ yang juga berarti ‘suatu langkah kemajuan’. Lebih lengkapnya, progres didefinisikan sebagai suatu kemajuan ke arah yang lebih baik.

Sedangkan menurut “Cambridge Dictionary”, pengertian progres adalah peningkatan atau perkembangan dalam kemampuan, ilmu, dan lain sebagainya. Istilah progres juga dapat diartikan jika ‘sesuatu yang akhirnya selesai’. Dalam ilmu sosiologi, dikenal istilah perubahan sosial progres. Progres dalam perubahan sosial diartikan sebagai suatuperubahan yang menuju ke arah kemajuan sehingga memberikan keuntungan bagi kehidupan sosial masyarakat.

Istilah regres secara etimologi merupakan serapan dari bahasa Inggris ‘regress’ yang muncul pada sekitar abad ke-14. Istilah ‘regress’ berasal dari bahasa Latin ‘regressus’ yang berarti ‘kembali’ atau ‘bergerak mundur’. Sedangkan apabila kita mencari istilah regres dalam KBBI, maka tidak akan ditemukan tetapi melainkan dirujuk pada istilah regresi (/re-gre-si/) yang diartikan sebagai ‘mundur’ atau ‘urutan yang berbalik ke belakang.

Dalam geografi, istilah regresi dikenal sebagai suatu penyusutan luas air laut yang disebabkan oleh faktor tertentu. Sedangkan dalam istilah psikologi, regresi dinyatakan sebagai proses berbalik ke tahap perkembangan perilaku sebelumnya yang biasa dialami karena seseorang sedang frustasi. Kemudian dalam hidrologi, istilah regresi merujuk pada hubungan rata – rata antar variabelnya.

“Oxford Dictionary” mengartikan regres sebagai sebuah ‘tindakan kembali ke semula’ atau ke level perkembangan yang lebih rendah. Dalam ilmu filsafat, regres diartikan sebagai serangkaian pernyataan di mana suatu prosedur diterapkan kembali pada hasil yang telah ada secara berulang kali tanpa menghasilkan suatu kesimpulan yang berarti. Sedangkan dalam ilmu sosiologi dikenal pula ‘perubahan sosial regres’, yang berarti suatu perubahan sosial yang bersifat negative yang menurunkan fungsi tatanan sosial.

Untuk memahami secara lebih mudah, berikut ini beberapa contoh penggunaan istilah progres dan regres dalam kalimat.

1. Kemajuan teknologi saat ini bagai pedang bermata dua karena mampu membuat perubahan sosial

regres dan perubahan sosial progres sekaligus. artinya kemajuan teknologi membawa perubahan positif karena memudahkan segala kegiatan manusia, namun membawa perubahan negative karena membuat manusia menjadi lebih jarang bersosialisasi langsung)

2. Roni mengeram frustasi, “Aku benar – benar frustasi dengan ‘progres’ selama acara ini berlangsung, atau yang lebih pantas aku katakan sebagai regres?” (‘progres’ di sini berarti kemajuan yang dicapai, sedangkan ‘regres’ di sini adalah kemunduran yang dialami)

3. Dia tengah berjuang sekarang, kondisinya fisiknya mengalami progres selama 3 hari ini, namun

kecelakaan yang dialaminya berdampak pada syaraf otaknya menyebabkan ia mengalami regres

mental menjadi seperti anak usia lima tahun. (‘progres’ di sini diartikan sebagai kenaikan level atau kondisi, sedangkan ‘regres’ diartikan sebagai penurunan level atau kondisi)

Sumber : http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-progres-dan-regres-beserta-contohnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ