Pengertian Xenosentrisme

Pengertian Xenosentrisme. Orang yang Xenosentris lebih bangga dengan budaya luar dari pada budaya dari negeri sendiri dan Orang yang xenosentris dengan asumsi bahwa segala yang datang dari luar adalah lebih baik. Nah berikut adalah penjelasan seputar pengertian Xenosentrisme.

Definisi Xenosentrisme

Pengertian Xenosentrisme adalah merupakan suatu pandangan yang lebih menyukai hal-hal yang berbau asing. Ini adalah kebalikan yang tepat dari kata etnosentrisme. Diyakini bahwa produk, gaya atau gagasan kita sendiri pasti lebih inferior daripada yang berasal dari luar. Ini adalah suatu pendirian bahwa sesuatu yang eksotis memiliki daya tarik khusus yang tidak dapat dicapai oleh sesuatu yang lazim. Faham ini didasarkan pada daya tarik yang asing dan yang jauh serta yang dibawa dari pusat kebudayaan yang jauh, yang dianggap jauh dari batas-batas lingkungan masyarakat sendiri yang kotor.

Ada banyak kesempatan ketika orang-orang merasa bahagia membayar lebih mahal untuk barang-barang impor dengan asumsi bahwa segala yang datang dari luar adalah lebih baik. Apakah model-model dari Perancis, barang-barang elektronik Jepang betul-betul unggul. Atau apakah orang-orang cenderung menganggap mereka hebat karena daya tarik label asing.

Mereka yang meninggalkan negaranya untuk tinggal di luar negeri bukanlah satu-satunya yang menolak etnosentrisme. Dalam setiap masyarakat beberapa orang menolak kelompok mereka atau beberapa bagian dari kebudayaannya. Ada orang kulit hitam yang anti identitas kulit hitam, kalangan aristokrat yang memimpin revolusi, para rohaniawan yang menanggalkan kepercayaannya dan seterusnya.

Kaum Aristokrat yang memimpin Revolusi merupakan contoh xenosentrime, karena seharusnya kaum aristokrat menentang revolusi.

Apakah xenosentrisme didasarkan pada suatu akal atau hanya merupakan keangkuhan yang dangkal? Para sejarawan yang menyalahkan Amerika untuk segala kericuhan dunia dan para kritisi yang radikal yang dengan gembira mendamprat setiap keluarga Amerika, tetapi buta terhadap kekasaran dan kebrutalam kaum komunis, mungkin sama tidak rasionalnya dengan pengibar bendera yang etnosentris.
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ