Cara Membuat Bootable USB Windows Menggunakan Rufus

Saat ini rata-rata orang sudah menggunakan flashdisk sebagai media penginstalan. Penggunaan CD/DVD sebagai media penginstalan lama kelamaan akan hilang. Hal ini sangat wajar terjadi, karena dengan menggunakan flashdisk, proses install ulang sistem operasi berjalan dengan lebih cepat. Dengan menggunakan flashdisk juga akan lebih efisien karena akan menghemat waktu. Terakhir kami menginstal ulang menggunakan CD/DVD sudah 3 tahun yang lalu. Ketika melihat teman menginstal ulang dengan menggunakan flashdisk, kami melihat ada proses yang lebih cepat ketika melakukan install ulang. Tidak percaya disitu saja, kami langsung melakukan uji coba menginstal ulang dengan menggunakan flashdisk. Hasilnya memang sangat terasa sekali bedanya. Apakah flashdisk untuk instal ulang dibuat khusus? Tidak, sama saja dengan flashdisk kebanyakan. Sewaktu-waktu flashdisk bisa dijadikan sebagai media install ulang dan sewaktu-waktu juga bisa digunakan untuk keperluan menyimpan data lainnya.

Bagi kamu yang masih menggunakan netbook, tentunya akan dipusingkan ketika hendak melakukan install ulang. Solusinya adalah dengan melakukan install ulang menggunakan flashdisk. Jika menggunakan CD/DVD, tentunya kamu harus membeli DVD-ROM eksternal terlebih dahulu dan cara ini tidak efisien karena akan menghabiskan uang.

Untuk membuat bootable USB Windows ada banyak cara yang bisa dilakukan. Nah, kali ini kita akan membuat bootable USB Windows dengan menggunakan aplikasi Rufus. Kenapa menggunakan Rufus? Karena aplikasi yang satu ini sangat simple dan ringan. Cara penggunaan yang simple dan mudah dipahami menjadi alasan bagi kami untuk menggunakannya.

Cara Membuat Bootable USB Windows Menggunakan Rufus

Yang harus dipersiapkan


  1. File ISO Windows versi berapa saja sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa mendapatkan file ISO dengan cara mendownloadnya langsung dihalaman resmi Microsoft untuk lebih lengkapnya baca artikel cara download file ISO Windows dari halaman resmi Microsoft.
  2. Flashdisk minimal berkapasitas 4GB.
  3. Aplikasi Rufus.

Langkah-langkah membuat bootable USB Windows


1. Colokkan flashdisk ke Port USB pada laptop atau PC.

2. Selanjutnya buka aplikasi Rufus yang telah di download. Pastikan flashdisk telah terbaca oleh Rufus. Perhatikan bagian Device akan ada nama dan kapasitas flashdisk anda.
Cara Membuat Bootable USB Windows Menggunakan Rufus
Baca selengkapnya �

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ