Sejarah Berdirinya Google Inc


Siapa yang tak tau google pada era globalisasi sekarnag ini. Bahkan anak kecil yang baru belajar internet pasti tau apa itu google. Google menjadi mesin pencari nomer satu di internet dalam mencari informasi. Sebagai search engine, google menyisihkan mesin pencari lain seperti bing, yandex, yahoo dan lain - lain. Istilah Google berasal dari kata Googlo. Kata ini dicetuskan oleh Milton Sirotta yang berasal dari AS keponakan dari Edward Kasner. Sirotta membuat istilah Googlo ini untuk menyebutkan angka 1 yang diiuti 100 angka 0. Bedirinya Google diawali ketika bertemunya dua orang pemuda pada tahun 1995 bernama Larry Page seorang alumnus Universitas Michigan (24) dan Sergey Brin (23) seorang murid yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.


Dalam perbinangan - perbincangan mereka mengenai komputer, mereka mengalami perdebatan - perdebatan. Namun dari perdebatan inilah justru menghasilkan suatu pendekatan yang unik mengenai bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif. Pada Januari 1996, kedua pemuda ini membangun sebuah mesin pencari bernama Backrub. Nama Backrub naik dan menyebar ke penjuru kampus. Larry dan Sergey mengembangkan Backrub hingga 1998 mereka mencari investor untuk pengembangan dari sisi teknologi.

Andy Bechtolsheim merupakan inverstor pertama Backrub, Larry dan Sergey mempresentasikan kepada Andy seorang pendiri Sun Microsystems demo Backrub di serambi asrama fakultas Stanford di Palo Alto. Andy setuju memberikan 100 ribu US dollar untuk mengembangkan Backrub. Andi memberikan berupa cek tertulis atas nama Google, sedangkan saat itu Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Kedua pemuda ini lantas bimbang karena Google belum didirikan dan tidak bisa mencairkan dana 100 dollar US apabila perusahaan Google belum didirikan. Larry dan Sergey kemudian mencari investor lain hingga tekumpul 1 juta dollar dan kemudian didirikanlah perusahaan Google pada 7 September 1998 dibuka resmi di Menlo Park, California. Misi Google yaitu, "untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna". Sedangkan Filosofi Google adalah "Dont be evil dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harus menyenangkan". Saat ini Google berkembang dengan pesat dengan mengakuisisi perusahaan lain seperti youtube, blogger, admob hingga membuat media sosial sendiri seperti Google Plus. Selain itu Google juga merajai smartphone dengan Operating Systemnya berupa android.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ