Mengenal Jurusan Kedokteran Hewan dan Prospek Kerjanya


Kedokteran Hewan



Assalamualaikum wr.wb

Setelah sekian lama tidak nge post artikel, kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi yang mudah - mudahan akan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Diartikel kali ini, saya ingin membahas mengenai Jurusan Kedokteran Hewan dan Prospek Kerjanya. Kedokteran Hewan merupakan salah satu fakultas kesehatan disamping fakultas kedokteran umum, kedokteran gigi, dan kesehatan masyarakat. Di fakultas kedokteran hewan, anda akan mempelajari segala kesehatan mengenai hewan.

Sebagai refrensi, mungkin banyak dari pembaca yang belum mengetahui perbedaan antara hewan dan binatang. Pengertian hewan dan pengertian binatang sebenarnya memang sama. Namun ada beberapa sifat yang membedakan antara hewan dan binatang tersebut.

Bila pengertian binatang adalah makhluk yang liar. Contoh binatang adalah Singa, Harimau, Banteng, Badak dll.
Sementara itu pengertian hewan adalah makhluk yang jinak, dipelihara, dan mendapat perlakuan khusus dari manusia. Contoh hewan adalah Kucing, Hamster, Anjing, Ayam dll.

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Kedokteran Hewan


Mata kuliah yang penting di fakultas ini antara lain anatomi, diagnosa klinik, farmakologi, ilmu bedah, dan ilmu reproduksi. Pada mata kuliah anatomi anda akan mempelajari bagian-bagian tubuh hewan, ciri khas tiap-tiap hewan, dan ciri khas tiap-tiap kelas hewan. Pada mata kuliah dianosis klinik anda akan mempelajari ciri-ciri penyakit penangan, serta pengobatan yang terdapat pada hewan dengan telah terlebih dahulu mempelajari berbagai faktor penyakit, dan mempelajari fungsi tubuh. Mata kuliah farmakologi merupakan mata kuliah yang menjadi pembeda antara fakultas kedokteran hewan dengan fakultas peternakan.


Prospek Kerja Kedokteran Hewan 


Dari data yang saya dapat,  bahwa pendapatan seorang praktisi dokter hewan di USA per tahun bekisar $ 71.990 (sekitar Rp. 719.900.000) dan untuk dokter hewan pemerintah (federal government) berkisar $ 84,355 (sekitar Rp 843.550.000). Penghasilan yang sangat menggiurkan bagi dokter hewan Indonesia ini harus dicapai oleh calon dokter hewan USA melalui proses yang berat namun terasa lebih berat lagi bagi dokter hewan lulusan luar USA. Proses ujian �penyetaraan� profesi (ECFVG/Educational Commission for Foreign Veterinary Graduates) dirasakan sangat berat terutama bagi dokter hewan lulusan Universitas dari Asia.

Berikut adalah sedikit dari sekian banyak lapangan kerja dokter hewan :

  1.  Industri pakan (makanan hewan). Pakan untuk ternak ayam, sapi, dll butuh tenaga dokter hewan 
  2.  Peneliti. Buat pembaca sekalian yang berjiwa scientist, penelitian yg membutuhkan dokter hewan banyak sekali lho..mulai dari penelitian tentang hewan itu sendiri, penelitian tentang penyakit zoonosis (yg bisa menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya), sampai penelitian2 yang membutuhkan hewan coba. Jangan salah, dokter manusia pun khusus datang ke FKH IPB untuk bekerjasama dalam penelitian tentang pencangkokan katup jantung, dimana mereka latihan cangkok katup jantung pake babi karena memiliki struktur yang mirip manusia 
  3.  PNS. Penerimaan CPNS pusat maupun daerah masih sangat membutuhkan banyak dokter hewan. 
  4. Dosen. Tidak hanya mengajar di fakultas kedokteran hewan saja, dokter hewan pun bisa menjadi dosen di fakultas teknologi pertanian, fakultas kehutanan..
  5. Praktisi hewan kesayangan (yg buka praktek buat hewan peliharaan spt anjing kucing kelinci dsb)
  6. Praktisi ruminansia (tenaga medis pada peternakan sapi, baik sapi potong dan sapi perah, kambing, domba, dsb)
  7. Perunggasan (industri perunggasan masih banyak butuh dokter hewan gan..peternakan ayampun banyak macemnya mulai dari peternakan ayam pedaging, petelur, atau pembibitan dan penetasan..belom lagi itik, bebek, burung puyuh..)
  8. Dokter hewan satwa liar / konservasi. Kerjanya bisa di kebun binatang, taman safari, konservasi dan proyek2 yg bekerjasama dgn luar negeri dalam pelestarian satwa langka..seru kan?
  9. Dokter hewan pada industri pangan. Agan pikir siapa yg menjamin kualitas kesehatan bahan pangan asal hewan yang agan makan sehari2? Nugget, sosis, daging ayam beku, dll. Dokter hewan berperan di balik itu semua gan, cuma gak banyak org yg tau aja 
Sekian artikel saya mengenai Jurusan Kedokteran Hewan dan Prospek Kerjanya, semoga bermanfaat pembaca sekalian dan dapat menambah pengetahuan kita. Terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan artikel - artikel lainnya..

Wasalamualaikum wr.wb

Posting Komentar

0 Komentar