Infrared LED

LED inframerah sama seperti LED biasa hanya saja output cahayanya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Untuk melihat cahaya LED inframerah, kita dapat menyalakannya dengan baterai dan menambahkan resistor, kemudian melihatnya menggunakan sebuah kamera ponsel. Dengan demikian akan terlihat pencahayaan pada layar.

LED inframerah terkadang bening dan kadang berwarna hitam. Mereka beroperasi sama seperti LED merah dengan karakteristik yang sama, drop tegangan sekitar 1.7v.

Kadang-kadang LED inframerah berdenyut dengan arus tinggi untuk jangka waktu yang sangat singkat tetapi hal yang perlu diingat adalah penyerapan daya LED 5mm adalah sekitar 70mW. Ini berarti arus konstan tidak boleh lebih dari 40mA.

LED inframerah juga disebut TRANSMITTING LED karena mereka memancarkan cahaya. Ini dinamakan panjang Tx (untuk transmisi). Sebuah LED inframerah dapat dihubungkan ke suplai 5V melalui resistor pembatas arus 220R untuk arus 15mA.

Receiver inframerah (Rx) dapat terlihat persis seperti LED inframerah, tetapi led ini tidak memancarkan cahaya IR. Led ini mendeteksi pencahayaan inframerah dan harus terhubung dengan cara yang benar dalam sebuah rangkaian.

Mereka memiliki resistansi yang sangat tinggi jika tidak menerima iluminasi IR dan resistansi menurun dengan meningkatnya iluminasi.

Ini berarti mereka terhubung ke suplai 5V melalui resistor dan ketika resistansi dari penerima inframerah menurun, arus akan mengalir. Ini akan menghasilkan tegangan pada resistor dan tegangan ini diumpankan ke seluruh rangkaian.

Berikut ini adalah rangkaian untuk menunjukkan bagaimana untuk menghubungkan LED inframerah dan Infrared (dioda) penerima:


Anda tidak dapat menggunakan IR LED sebagai penerima atau dioda inframerah sebagai illuminator. Mereka diciptakan berbeda. Sebuah LED inframerah memiliki karakteristik drop tegangan 1.7v.

Penerima inframerah tidak memiliki karakteristik tegangan-drop. Ini memiliki resistansi yang tinggi bila tidak diterangi dan resistansi menurun ketika menerima iluminasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ