Syarat Lolos PPKM Darurat saat bepergian

PPKM singkatan dari Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Syarat perjalanan PPKM darurat akan berlaku 3 Juli hingga 20 Juli, bagi masyarakat yang belum divaksinasi COVID-19 maka tidak diizinkan pergi ke luar kota. Vaksin merupakan syarat perjalanan PPKM darurat.

"Pelaku perjalanan domestik jarak jauh, menunjukkan kartu vaksin. PCR H-2 untuk pesawat dan antigen H-1 untuk mode transportasi jarak jauh lainnya," ujar Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers, Kamis (1/7/2021).

Luhut mengatakan kebijakan syarat perjalanan PPKM darurat ini untuk menghindari adanya kasus penularan COVID-19. Sebab, kasus aktif harian COVID-19 saat ini sudah terlalu tinggi.

Lalu bagaimana cara memenuhi syarat perjalanan PPKM darurat ini? mari...

Cetak Kartu Vaksin Sendiri

Terkait kartu vaksin, bagi warga yang belum memiliki kartu vaksin tapi sudah divaksinasi, kartu vaksin bisa dicetak sendiri.

Kartu vaksin bisa di-download sendiri, kemudian dicetak. Dengan demikian, kamu bisa memenuhi syarat perjalanan PPKM darurat. Ada dua cara untuk men-download kartu vaksin sebagai berikut:

Sertifikat vaksin juga bisa di-download melalui situs resmi https://pedulilindungi.id/. Jika belum terdaftar, kamu diminta melengkapi data diri seperti nama lengkap hingga nomor handphone untuk verifikasi data, dengan kode OTP yang dikirimkan.

Bagi yang sudah memiliki akun PeduliLindungi, begini cara download vaksinnya:

1. Buka situs pedulilindungi.id

2. Login dengan masukkan nomor ponsel

3. Klik menu dalam akun Anda (tertulis nama Anda) di pojok kanan atas

4. Pilih menu 'Sertifikat Vaksin'

5. Masukan NIK Anda sesuai KTP

6. Sertifikat vaksinasi bisa diunduh

2. Lewat SMS

Sertifikat vaksinasi juga bisa diunduh lewat SMS. Apabila Anda sudah divaksinasi, Anda akan menerima SMS dari nomor 1199. Berikut bunyinya:

"Sertifikat vaksinasi ke-1/ke-2 (nama Anda) (NIK:XXX) tersedia di (tautan situs untuk mengunggah). PERHATIAN: Hanya diakses yang bersangkutan! Bila ada keluhan pascavaksin, hubungi dokter."

Tinggal klik saja tautan dari SMS itu, maka sertifikat vaksin akan dapat Anda download via peramban (browser) di ponsel Anda.

Posting Komentar

0 Komentar