Pernafasan Sadar

Bernapas dengan sadar berarti kita hanya benar-benar menyadari, mengenali, merasakan, dan mengamati bagaimana rasanya ketika kita sedang bernapas saat ini, di sini. Bagaimana rasanya saat udara yang kita hirup perlahan mengalir masuk melalui lubang hidung, turun melewati tenggorokan, masuk ke paru-paru hingga perut, serta merasakan dada dan perut mengembang. Kemudian, bagaimana rasanya saat udara yang kita embuskan perlahan mengalir keluar melalui lubang hidung, merasakan dada maupun perut kita mengempis. Hanya merasakan bagaimana cara kita bernapas dan ritme napas kita saat ini. Saat bernapas, ritme napas kita dipengaruhi oleh kondisi emosi dan juga aktivitas yang kita lakukan. Saat kita merasakan emosi yang tidak nyaman, maka napas pun akan terasa pendek dan sesak. Saat kita melakukan aktivitas yang cukup berat, maka napas pun akan terasa tidak teratur. Tidak lagi bernapas dengan napas perut (yang lebih sehat karena kapasitas oksigen yang masuk lebih banyak), namun beralih dengan napas dada. Namun sering kali, kita tidak menyadari bahwa hal tersebut kita alami saat ini.
Melalui latihan bernapas dengan sadar, kita akan berlatih hanya menyadari, mengenali, merasakan, dan mengamati cara kita bernapas dan ritme napas kita saat ini. Hanya menyadari, tanpa perlu menghakimi atau menilai bahwa cara bernapas kita saat ini salah karena masih bernapas dengan napas dada. Hanya mengamati, tanpa perlu memaksa diri untuk mengubah cara bernapas ke napas perut. Tugas kita hanyalah bernapas dengan sadar. Menyadari apa yang kita alami –baik perasaan, pikiran, sensasi atau reaksi tubuh, maupun perilaku– saat sedang bernapas. Bernapas dengan sadar dapat membantu kita untuk kembali menyadari bahwa kita hidup pada momen saat ini dan di sini, bukan hidup di masa lalu ataupun masa depan.
“Saat ini, saya jadi lebih sadar kalau sedang bernapas dengan napas perut. Rasanya lebih tenang. Ketika ada pikiran yang muncul, dapat kembali lagi menyadari kalau saat ini saya sedang bernapas”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ